Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengukur Cincin Pria dan Wanita

Kalian berencana untuk memberi kekasih kalian berupa hadiah cincin akan tetapi kalian tidak tau dari ukuran jari kekasih kalian? kalian tidka usah bingung untuk itu, berikut ini cara mengukur cincin yang bisa kalian lakukan untuk tau ukuran jari kekasih kalian dengan mudah.

Untuk memilih cincin mungkin bukan perkara yang rumit yang bisa bikin kalian pusing akan tetapi lain ceritaya jika kalian akan memberikan kado kepada orang yang kalian sayang akan tetapi tidak tahu ukuran jari orang yang kalian sayang.

Apa lagi jika kalian tidak mau bertanya kepadanya dikarenakan akan membuat kejutan yang spesial untuk orang yang kalian sayang, pasti kalian akan kebingungan kan? maka dari itu kalian tidak boleh memilih incin yang tentu saja tidak bisa dilakukan oleh sembarangan.

Dikarenakan ukuran cincin harus sesuai sama dengan ukuran jari yang akan memakai cincin tersebut, terus bagaimana kalia kerjain seperti ini? tenang aja ada kok cara untuk mengetahui ukuran cincin yang bisa kalian lakukan, berikut adalah cara mengukur cincin dengan mudah sebagai berikut:

Ukuran Cincin Rata-Rata Pria dan Wanita di Indonesia

cara mengukur cincin pria dan wanita

Untuk ukuran cincin sendiri sama seperti pakaian, sepatu, atau produk lainnya yang biasanya ukuran cincin pria dan wanita di asia yang terutama ada di indonesia mempunyai standarnya sediri.

Untuk ukuran rata-rata cincin wanita biasanya berukuran 12,5 untuk skala indonesia dan 6 untuk skala amerika dengan lebar cincin 2-3 mm.

Sedangkan untuk ukuran rata-rata cincin pria berukuran 17 untuk skala indonesia dan 8 untuk skala amerika dengan lebar 4-6 mm.

Kalian juga bisa untuk memperkirakan untuk cincin dengan sebagai berikut:
  1. Kalian bisa untuk mengukur tangan kalian menggunakan ukuran cincin antara 9-11 untuk skala indonesia sedangankan 4,5-5,5 untuk skala amerika.
  2. Untuk tangan ukuran sendiri bisa kalian gunakan ukuran cincin antara 11,5-13,5 untuk skala indonesia dan 5,75-6,5 untuk skala amerika.
  3. Sedangkan untuk ukuran tangan besar kalian dapat mengukur cincin antara 14-15,5 untuk skala indonesia dan 6,75-7,5 untuk skala amerika.

Tahapan Cara Mengukur Cincin dengan Mudah

Tahapan Cara Mengukur Cincin dengan Mudah

ada beberapa tahapan dalam mengukur cincin dengan mudah, berikut adalah beberapa tahapan tersebut:

1. Cara Mengukur Cincin Menggunakan Ring Sizer

Cara Mengukur Cincin Menggunakan Ring Sizer

Cara mengukur cincin menggunakan ring sizer sangat lah mudah, perlu kalian ketahui ring sizer adalah sebuah alat untuk mengukur diameter jari kalian yang hasilnya sangat akurat.

Untuk ukuran pada standar ring sizer sendiri untuk wiliah asia biasanya itu berkisaran antara 1-33, kalian bisa mencoba mengukur langsung jari untuk pasangan kalian menggunakan ring sizer.


Akan tetapi jika kalian ingin memberikan sekotak cincin sebagai hadiah cara ini tidak bisa kalian lakukan nanti nya hadiah tersebut tidak menjadi kejutan lagi.

2. Mengukur Lingkar Jari dengan Kertas

Mengukur Lingkar Jari dengan Kertas

Untuk cara mengetahui ukuran diameter jari dengan cara kalian menggunakan media kertas, untuk caranya sendiri cukup mudah kalian hanya perlu untuk memotong kertas menjadi bentu persegitu panjang.


Kalian bisa untuk memotong kertas tersebut dengan ukuran lebar sekitaran 1 cm dan ukuran panjang sekitaran 12 cm, kalian bisa menggunakan ukuran tersebut untuk bisa mengetahui ukuran cincin dengan cara menlingkarnya pada jari pasangan kalian.

3. Mengetahui Ukuran Cincin dengan Benang

Mengetahui Ukuran Cincin dengan Benang

Cara ini sangatlah mudah bagi kalian mengetahui ukuran dengan kalian menggunakan benang, gunting, pensil, dan penggaris.

Setelah kalian mempunyai alat tersebut kalian bisa membuat lingkaran benang tersebut pada jari yang akan kalian kasih cincin untuk mengetahui ukuran cincin yang tepat.

Baca Juga:

Jika kalian rasa sudah sesuai maka kalian bisa kasih tanda titik yang sesuai dengan pensil, setelah itu kalian bisa menggunakan gunting.

Nanti kalian tinggal ukur dengan penggaris dan kalian sudah bisa untuk mendapatkan ukuran cincin yang sesuai.

4. Menggunakan Cincin yang Telah Ada

Jika kalian ingin mengetahui ukuran jari pasangan kalian dengan mudah, kalian bisa untuk menggunakan cincin yang sudah ada.

Contohnya seperti kalian akan memberikan untuk cincin pasangan kalian maka kalian bisa untuk meminjam cincin pasangan kalian terlebih dahulu dan kalian bisa untuk sesuaikan ukurannya.

Untuk mengetahui ukuran cincin tersebut kalian bisa untuk menggunakan benang atau bisa untuk menggambar nya di atas kertas, setelah itu kalian bisa untuk membawanya ke toko cincin. Cara tersebut bisa kalian gunakan untuk berbagai cincin seperti emas, perak ataupun cincin titanium.

5. Cara Mengukur Cincin Menggunakan Foto Jari

Kata siapa kalian tidak bisa mengukur cincin dari foto jari? bisa kok dan sangat mudah untuk kalian melakukan pengukuran tersebut.

Kalian hanya perlu foto jari pasangan kalian setelah itu kalian bisa langsung unutk berkonsultasi dengan staff ahli pada toko perhiasan untuk bisa mengetahui ukuran cincin yang tepat.

Dikarenakan staff toko perhiasan sudah sangat berpengalaman untuk bisa mengetahui ukuran cincin yang pas hanya dengan foto saja.

Terima kasih sudah membaca "Cara Mengukur Cincin Pria dan Wanita" Jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tahu untuk mengukur cincin pasanganya.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.