Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi atau Distributor

Daftar Isi [Buka]

Cara cek garansi xiaomi sangatlah gampang dan praktis yang pastinya kalian harus mengetahui pada perangkat smartphone xiaomi kalian masih ada masa garansi atau tidak dan mengetahui garansi tersebut resmi atau distributor.

Kalian mesti tahu dengan benar apakah hp yang kalian beli ialah garansi resmi ataupun tidak. Alasannya smartphone garansi yang tidak resmi ataupun distributor nantinya tidak bakal dapat digunakan di Indonesia disebabkan pemblokiran IMEI yang berlaku untuk smartphone ilegal ataupun black market.

Pemblokiran IMEI tidaklah wacana belakang. Peraturan tersebut telah disahkan serta sudah berlaku di indonesia. Dampak pemblokiran tersebut sangat parah, sebab smartphone yang tidak terdaftar tidak bakal bisa memakai jaringan seluler tanah air semacam Tri, Telkomsel, Axis, XL, dll.

Untuk yang mempunyai hp Xiaomi garansi resmi tidak perlu cemas, sebab IMEI pada hp tersebut telah terdaftar di database Kemenperin ( Kementerian Perindustrian Republik Indonesia) sehingga selamat dari pemblokiran IMEI.

Akan tetapi untuk yang menggunakan smartphone tidak resmi maka kalian harus patut waspada. Hal tersebut juga berlaku bagi kalian yang menggunakan smartphone xiaomi garansi distributor.

Pada saat ini banyak sekali para pengguna hp xiaomi tidak mengetahui garansi pada smartphone yang mereka miliki apakah garansi tersebut resmi ataupun distributor.

Untuk pengguna hp xiaomi garansi distributor IMEI pada hp tersebut pastinya tidak terdaftar pada database kemenperin maka dari itu bagi para pengguna hp garansi distributor tidak bisa menggunakan hp xiaomi mereka dikarenakan IMEI yang ada pada hp tersebut sudah di blokir oileh kemenperin.

Tidak cuma permasalahan IMEI pada smartphone xiaomi tidak resmi akan mengalami kesulitan apabila jika hp tersebut mengalami kerusakan dan akan melakuakn perbaikan.

Walaupun hp tersebut ada garansi dari distributor akan tetapi biasanya akan di persulit bila kalian akan klaim garansi, maka dari itu saya sarankan untuk kalian membeli hp xiaomi garansi resmi dari pada garansi distributor.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Cara Cek Garansi Xiaomi

Pada saat kalian membeli hp xiaomi pastinya kalian harus mengecek garansi pada hp tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Ghost Touch di Android
Daftar HP Snapdragon 720G Terbaik

Untuk cara cek garansi xiaomi resmi sangatlah mudah apa bila kalian tidak mengetahui maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

1. Cek Garansi Xiaomi Di Dusbook

Cek Garansi Xiaomi Di Dusbook

Cara termudah bila kalian ingin mengetahui garansi xiaomi maka kalian dapat melihat kotak pada kemasan smartphone xiaomi yang kalian beli.

Apabila pada kotak kemanan tersebut ada stiker TAM maka bisa dipastikan smartphone yang kalian beli merupakan produk resmi dari xiaomi.

Perlu kalian ketahui TAM adalah singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri yang dimana perusahaan tersebut merupakan distributor resmi xiaomi yang ada di Indonesia.

Selain striker TAM kalian juga bisa melihat pada kotak tersebut jika tertulis PT Sat Nusapersada TBK yang berlokasi di batam maka hp xiaomi kalian resmi.

Baca Juga:
Cara Hapus Malware Android
Cara Menghapus Virus di Android

Dikarenakan perusahaan PT Sat Nusapersada TBK adalah perusahaan yang merakit hp xiaomi yang ada di indonesia. Apabila pada kotak smartphone xiaomi kalian terdapat Made In Cina maka sudah bisa dipastikan hp tersebut tidak resmi.

Apabila kotak kemasakan dibuka juga terlihat adanya buku panduan serta pusat layanan yang tertulis dalam bahasa Indonesia.

Cara cek garansi Xiaomi ini memanglah sangat gampang, akan tetapi bakal jadi permasalahan apabila kalian membeli hp Xiaomi bekas yang tidak terdapat dusbook- nya. Apabila hal tersebut terjadi, maka kalian dapat mencoba cara cek garansi Xiaomi dibawah ini.

2. Dengan Melihat Jenis Charger

Dengan Melihat Jenis Charger

Pengalaman saya membeli hp Xiaomi garansi distributor yaitu mempunyai charger yang bukan standar Indonesia.

Perlu kalian ketahui rata- rata smartphone xiaomi yang tidak resmi akan mendapatkan charger yang berbentuk pipih dan mempunyai 3 kaki.

Akan tetapi jika smartphone tersebut  remis maka kalian akan mendapatkan charger xiaomi standar 2 kaki yang bisa kalian langsung colokkan ke listrik tanpa kalian menggunakan adapater khusus.

3. Cek IMEI HP Xiaomi

Cek IMEI HP Xiaomi

IMEI merupakan bukti diri smartphone maka pada setiap jenis hp Xiaomi mempunyai no IMEI berbeda- beda yang nantinya terdaftar pada database Kemenperin.

Untuk mengenali no IMEI hp Xiaomi juga sangat gampang, kalian cukup mengetikan kode*#06#, sesudah itu bakal muncul no IMEI secara otomatis.

Silahkan catat no IMEI tersebut, kemudian bukan web Cek Imei Kemenperin  nanti kalian tinggal masukan no IMEI pada kolom pencarian.

Apabila terbukti resmi, sehingga bakal muncul data jika IMEI sudah terdaftar.

4. Cara Cek Garansi Xiaomi Online


Xiaomi mempunyai web khusus yang dapat kalian pakai buat mengecek garansi Xiaomi. Web tersebut beralamatkan di http://buy.mi.com/id/registration.

Disaat mengakses web pendaftaran produk Xiaomi tersebut bakal muncul kolom nomo IMEI. Silahkan kalian masukan no IMEI yang sudah didapatkan melalui cara cek IMEI diatas.

Sesudah memasukan no IMEI, maka bakal muncul nama distributor yang memberikan garansi.

Apabila tertulis Erajaya, maka merupakan hp Xiaomi garansi resmi. Akan tetapi apabila yang muncul rupanya tulisan Cina, sehingga dapat ditentukan ialah smartphone non- resmi.

Ketentuan Garansi HP Xiaomi

Ketentuan Garansi HP Xiaomi

Untuk kalian yang menggunakan hp xiaomi wajib tahu dari ketentuan yang berlaku jika kalian ingin klaim garansi xiaomi kalian diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga:
Cara Cek Spesifikasi HP Android
Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android

Garansi bakal diawali pada saat hari pertama produk dibeli ataupun diterima oleh konsumen. Apabila masih dalam masa garansi, setiap kerusakan yang telah terdaftar pada daftar kerusakan gadget harus diperbaiki oleh pihak Xiaomi secara gratis.

Produk aksesoris yang mendapatkan garansi yaitu sebagai berikut:

  • Mi Band Strap ( 7 hari).
    Mi Band Core ( 1 tahun).
    Power Bank ( 1 tahun).
    Kabel Data ( 6 bulan).
    Baterai ( 6 bulan).
    Lampu Meja MI LED ( 1 tahun).
    USB Charger Mobil ( 6 bulan).
    Lampu LED ( 6 bulan).
    Charger ( 6 bulan).

Untuk smartphone, produk yang memperoleh garansi yaitu sebagai berikut:

  •  Perangkat Keras serta Baterai Bawaan( 15 bulan).
  • Produk Redmi Note 7( 18 bulan).
  • Charger serta Aksesoris Bawaan( 6 bulan).
  • Redmi 8 serta 8A( 24 bulan).
  • Redmi 9A serta 9C( 24 bulan).

Garansi terbatas cuma berlaku buat seluruh produk Xiaomi resmi. Xiaomi bakal berikan layanan perbaikan ataupun penggantian produk gratis sepanjang masa garansi untuk tablet, telepon genggam ataupun aksesoris selama dipakai wajar serta berdasarkan kebijakan perusahaan.

Baca Juga:
Cara Menghentikan Aplikasi di Latar Belakang
Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Kerusakan lain seperti charger tidak berfungsi, baterai sulit diisi ulang ataupun perangkat keras( ponsel/ tablet) tidak bekerja wajar hingga kabel data rusak bakal mendapat garansi oleh pihak Xiaomi.

Ruang lingkup garansi merupakan ongkos kerja beserta suku cadang. Berkas pendukung garansi yang diperlukan merupakan no pembelian ataupun pesanan. Garansi bakal dimulai pada saat pelanggan menerima produknya pertama kali.

Cara Klaim Garansi Xiaomi

Cara Klaim Garansi Xiaomi

Apabila kalian mau mengajukan klaim garansi TAM Xiaomi yang sudah rusak, maka bisa mempersiapkan kartu garansi yang masa berlakunya masih aktif.

Oleh karna itu, jika kalian bakal melakukan perbaikan tentu saja tidak mungkin dikenakan bayaran sama sekali, lho.

Meski demikian, ada sebagian persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelanggan disaat mengklaim garansi.

Pihak Xiaomi sendiri cuma menerima sebagian klaim atas kerusakan yang bisa ditanggung oleh mereka sepenuhnya.

kalian dapat menghubungi service center Xiaomi terdekat di kotamu buat memperoleh informasi lebih lanjut.

Ketentuan untuk pengajuan klaim garansi merupakan ketentuannya cuma berlaku di Indonesia. Xiaomi berhak melakukan pengujian atas produk perangkat pelanggannya demi mengenali letak kerusakannya.

Pastikan kalian juga menghubungi agen layanan Xiaomi terlebih dahulu serta memiliki data no serial, mode, no IMEI, alamat lengkap pelangga/ diri sendiri sampai nota pembelian perangkatnya.

Garansi tersebut tidak pernah berlaku jika no IMEI ataupun segel garansi rusak, hilang, terhapus ataupun diganti.

Kerusakan yang terjadi di dalam ataupun luar produk semacam retak, goresan, cacat dan yang lain tidak terbatas hanya pada tentang itu saja.

Bagaimana Cek Kode Garansi Xiaomi?

Bagaimana Cek Kode Garansi Xiaomi?

Apabila kalian memakai Xiaomi seri POCO, Redmi serta Black Shark yang ingin tahu masa garansi ponsel pribadi, sehingga dapat mengakses web resmi Xiaomi via www. mobile. mi. co. id/ id/ service/ garansi. kalian dapat memasukkan no IMEI ke dalam kolom ada.

No ini umumnya bakal terlihat sehabis kalian menghubungi*#06# dari panggilan telepon secara gratis. Akan tetapi, kalian juga dapat mengenali keberadaan no IMEI tersebut lewat kode kemasan produk dikala fitur dibeli awal kali.